5. MAKANAN KHAS BANDUNG

20 Dec

A. PEUYEUM

peuyeum bandung

Bandung merupakan kota wisata kuliner, salah satu makanan khas bandung adalah peuyeum bandung, peuyeum adalah suatu makanan terbuat dari singkong yang difermentasi. Peuyeum bandung merupakan makanan khas bandung yang terkenal sejak dulu serta apabila kita membelinya harganya murah dan cukup terjangkau oleh siapa saja yang mebelinya. sehingga tidak heran jika makanan ini jadi salah satu makanan primadona jawa barat, yang tidak hanya diminati oleh warga bandung melaikan mejadi oleh – oleh bagi wisatawan dari luar kota bandung.
Selain bisa langsung dimakan peuyeum bandung pun bisa dikreasikan misalnya saja colenak, colenak kepanjangan dari dicocol enak yang dibuat dari peuyeum bandung yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang dibuat dari parutan kelapa dan gula merah.

B. SURABI

Bandung – Sebut saja surabi, panganan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan ini sudah tersohor sejak jaman dulu. Dibuat dengan cetakan mangkuk yang terbuat dari tanah liat yang disimpan di atas bara arang membuat makanan ini mempunyai rasa khas.99-Surabi

Surabi original biasanya memakai toping oncom, atau dibiarkan polos begitu saja tanpa toping apapun. Namun di era modern ini, sudah banyak muncul inovasi-inovasi baru dari makanan surabi ini.

Inovasi cukup unik dihadirkan dari dapur Sapulidi Sawah di Jalan Cihideung, Kabupaten Bandung Barat. Surabi Tipis Kelapa namanya. Rupanya tidak jauh berbeda dengan surabi original, hanya saja jauh lebih tipis dan tentu saja topingnya berbeda.

C. LOTEK

Lotek hampir sama dengan pecel, yakni makanan berupa rebusan sayuran segar yang disiram dressing berupa sambal dicampur bumbu kacang. Keunikannya, sebagai bahan sambal di samping kacang seringkali ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkanterasigula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek terasa lebih manis daripada pecel. Selain itu, kalau sambal pecel bumbu sudah dicampur sebelumnya, untuk lotek bumbu baru ditambahkan ketika akan dihidangkan.

lotek

Lotek dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

10 lonjor kacang panjang,potong-potong 1 buah labu siam,rebus matang 1 ikat kangkung, siangi 50 gram touge,seduh air panas, tiriskan 100 gram nangka muda, potong-potong 100 gram tempe ,goreng 2 buah tahu ukuran sedang goreng

Bumbu/Saus

250 gram kacang tanah,goreng 3 buah cabe merah besar,rebus 5 buah cabe rawit merah,rebus 3 cm kencur 1/2 sdt garam 1 sdm gula merah sisir 2 sdm air asam jawa 100 ml air hangat

Taburan

Bawang goreng dan kerupuk

Cara membuat lotek

Rebus sayuran hingga matang,tiriskan. Bumbu/saus:siapkan cobek batu,haluskan cabe merah,cabe rawit,kencur, garam,dan gula merah,tambahkan kacang tanah,haluskan ,aduk rata.Masukan air asam jawa dan air,aduk rata. Masukan sepotong nangka yang telah direbus,aduk rata. Penyajian:campur sayuran dengan bumbu,tempe,dan tahu goreng, aduk rata. Tata dalam pingan, taburi dengan bawang goreng dan kerupuk merah. Sajikan segera. Untuk:4-6 orang

selamat mencoba

D. BATAGOR BANDUNG

Ini dia ciri khas jajanan bandung yang mantap siapa yang tak kenal dia Batagor Lumpia. Yummy…

batagor-bandung

 

Kalau yang satu ini siapa yang tak kenal di daerah Bandung dengan rasa yang khas dan ini mungkin paling Top diantara Batagor Lainnya.

Batagor RIRI. Hemm…batagor-bandung-2

 

E. TUTUNG ONCOM

Nama Tugug Oncom, tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Sunda. Makanan ini, sering dihidangkan disetiap rumah-rumah masyarakat di tatar Sunda. Bahkan, kini makanan tersebut sudah dijual di warung-warung makan yang memiliki menu masakan khas Sunda.makanan khas bandung Tutug Oncom (300 x 255)
Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom.
Nasi tutug oncom menjadi makanan khas Tasikmalaya. Walaupun menjadi makanan khas, tutug oncom tidak dapat dibawa menjadi oleh-oleh karena mudah hilang cita rasanya dalam jangka waktu yang tidak lama setelah diracik.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: